Bangkitnya Silat Kancil Maruto

Seperti halnya terdapat di daerah lain, di Desa Soket Laok juga memiliki kesenian silat tradisional. Kelompok silat Desa Soket Laok ini dinamakan silat “Kancil Maruto”. Kenapa dinamakan Kancil Maruto? Karena sebagian besar gerakannya didominasi oleh gerakan yang menyerupai gerakan binatang kancil.

Kegiatan Latihan Kelompok Pencak Silat Kancil Maruto

Pendiri dari kelompok silat ini adalah bapak Romli. Nah, untuk saat ini kelompok Pencak ini diketuai oleh bapak Sutomo. Sebenarnya silat ini sudah ada sejak lama, namun sempat mengalami kevakuman, sehingga sempat menghilang. Namun, sekarang telah dibangkitkan lagi. 

Kgiatan latihan kelompok pencak silat ini, dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu yaitu setiap malam rabu dan malam senin. Khusus untuk latihan pada malam rabu dilaksanakan di halaman rumah bapak Apel dusun Guwah yaitu Bapak Sinal. Latihan dimulai sejak pukul 20.00 - 22.00 WIB.

Setiap kelompok pencak pasti memiliki ciri khasnya masing-masing, begitupun dengan kelompok pencak “Kancil Maruto”. Kelompok pencak ini memiliki ciri yaitu adanya musik pengiring yang mengikuti setiap latihan. Alat musik yang digunakan adalah beberapa buah kendang dan bass. Personil dari penabuh pengiring musik pencak ini kebanyakan adalah bapak-bapak, kenapa? karena para pemudanya sedang fokus berlatih silat. 

Grup Musik Pengiring Pencak

Kelompok silat “Kancil Maruto” memiliki 2 tingkatan. Tingkatan yang pertama dengan ciri sabuk berwarna merah, dan tingkatan kedua adalah yang bersabuk biru.

Untuk saat ini anggota dari kelompok silat “Kancil Maruto” ini adalah anak-anak laki-laki dan golongan pemuda saja, untuk golongan anak-anak dan remaja putrid masih sedikit peminatnya.
“Silat ini sudah turun-temurun dari leluhur jaman dahulu, sehingga perlu untuk dilestarikan. Oleh sebab itulah kelompok pencak silat ini didirikan kembali”. Tegas bapak Sinal selaku Apel Dusun Gowah (08/01/2019). (FNL)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Malam Tahun Baru Ala Anak KKN 54 UTM dan GPS (Gerakan Pemuda Soket Laok)

PERAYAAN HUT RI

CLOSING CEREMONY