Bantu Anak-Anak Untuk Belajar, Mahasiswa KKN 54 UTM Laksanakan Bimbel di Rumah Pintar Soket Laok


        Agenda setiap malam, KKN 54 UTM yaitu melaksanakan kegiatan bimbel. Antusias yang cukup tinggi ditunjukkan oleh anak-anak Soket Laok yang didominasi oleh siswa SDN Soket Laok 2. Kegiatan bimbel ini dilaksanakan setiap hari pada pukul 19.00 – 20.30 WIB bertempat di posko putra KKN 54 UTM yang berada di depan rumah Bapak Imron (Kepala Desa Soket Laok). Lokasi tempat dilaksanakannya bimbel ini kemudian dinamai oleh teman-teman mahasiswa KKN 54 UTM sebagai “Rumah Pinta Soket Laok” dengan harapan besar bahwa di tempat tersebut, anak-anak Soket Laok khususnya dari dusun Guwah bisa menambah sedikit pengetahuan mereka dari mahasiswa KKN 54 UTM. Adanya kegiatan bimbel di “Rumah Pintar Soket Laok”, diharapan dapat membantu dan memberikan motivasi anak-anak Soket Laok agar semangat untuk belajar.
Konsep bimbingan atau proses pengajaran dilaksanakan dalam bentuk kelompok belajar kecil. Pembagian pengajaran didasarkan pada tingkatan kelas masing-masing anak, karena mayoritas adalah siswa SD sehingga rombel dibagi menjadi 6 kelompok. Setiap kelompok belajar ini akan didampingi oleh 2 sampai 3 orang tutor dari mahasiswa KKN 54 UTM.
Materi yang diajarkan dalam kegiatan bimbingan belajar ini cukup beragam, dimulai dari mata pelajaran sehari-hari hingga tips-tips sederhana dalam belajar. Tak ketinggalan pula, kegiatan bimbel juga diisi dengan lagu-lagu dan games sederhana sebagai ice breaking agar siswa juga tidak jenuh ketika mengikuti kegiatan bimbel tersebut.

Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan Belajar
“Kegiatan bimbel ini masih kurang maksimal, sebab yang mengikuti kegiatan ini kebanyakan hanyalah anak-anak dari Dusun Gowah.” Tegas Ita selaku Koordinator Desa kelompok KKN 54 UTM. Kenyataan tersebut memang benar adanya, anak-anak dari dusun-dusun lain seperti Pang Macan, Batu Kerang Atas, Batu Kerang Bawah, Dhuwa’ Daging, dan Gundul belum bisa berpartisipasi dalam kegiatan bimbel. Hal ini dikarenakan akses yang terlalu jauh, ditambah lagi jalan yang sepi ketika malam hari sehingga dikhawatirkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di tengah jalan ketika anak-anak berangkat menuju ke “Rumah Pintar”. Untuk dapat mengatasi masalah tersebut, didapatkanlah solusi yaitu mengadakan bimbel pada hari Jum’at sore bertempat di SDN Soket Laok 2. Dengan demikian, anak-anak Soket Laok yang rumahnya lumayan jauh dari “Rumah Pintar” dapat mengikuti kegiatan bimbel. Namun, kegiatan ini memang hanya dapat dilakukan sekali dalam seminggu karena keterbatasan waktu. Hal ini dikarenakan, selain hari Jum’at anak-anak ada jadwal sekolah madrasah setiap sore hari.

Bapak Imron selaku Kepala Desa Soket Laok mengaku turut senang melihat anak-anak yang semangat belajar dan mengikuti bimbel dengan antusias. Bapak Imron yang juga sangat peduli terhadap pendidikan ini, berharap semangat belajar anak-anak tersebut akan tetap ada dan tidak pudar sampai nanti walaupun KKN 54 UTM sudah tidak bertugas kembali di Desa Soket Laok. (FNL)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Malam Tahun Baru Ala Anak KKN 54 UTM dan GPS (Gerakan Pemuda Soket Laok)

PERAYAAN HUT RI

CLOSING CEREMONY