Wisata Religi Soket Laok (Buju’ Kambang)

Desa Soket Laok yang berada di Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan juga memiliki potensi wisata religi. Tepatnya di Dusun Gundul, terdapat sebuah makam atau dalam bahasa Madura disebut “Pesarean” dari seorang tokoh agama bernama KIAI ABDUL QOHHAR atau lebih kenal dengan BUJU’ KAMBANG. Buju’ sendiri berarti SUNAN sehingga BUJU’ KAMBANG berarti SUNAN KAMBANG. Beliau adalah tokoh penyebar agama Islam di Soket Laok.

Pintu masuk kawasan wisata religi Buju’ Kambang

Lokasi makam KIAI ABDUL QOHHAR  ini berada di atas bukit. Untuk dapat melihat makam atau pesareannya kita harus menaiki anak tangga yang berjumlah 144 buah. Makam ini hampir mirip dengan makam Sunan Giri yang ada di Kabupaten Gresik, yang mana terletak di atas bukit dan harus menaiki anak tangga untuk sampai ke lokasi makamnya. Bedannya adalah makam dari Buju’ Kambang ini tempatnya lebih terbuka, masih sama dengan makam pada umumnya. Hanya diberikan pagar di sekeliling dan teras kecil sebagai tempat duduk bagi para pengunjung yang datang untuk berziarah, hal ini dikarenakan tahap perenovasiannya yang masih bisa dikatakan baru, berbeda dengan makam Sunan Giri yang sudah lama dibangun sehingga sudah lebih tertutup dan teduh.


144 Anak Tangga Menuju ke Lokasi Makam

Ketika mengunjungi makam ini, selain bisa berziarah kita juga dapat menikmati keindahan alam Soket Laok dari atas bukit. Pada musim penghujan, pemandangan akan terlihat lebih indah karena nuansa hijau yang mengelilingi desa Soket Laok sangat meneduhkan mata kita.

Pemandangan di Sekitar Buju' Kambang

Makam BUJU’ KAMBANG ini oleh pemerintah Desa setempat akan terus dipromosikan sebagai salah satu tempat wisata religi, yang nantinya diharapkan bisa mengembangkan potensi Desa Soket Laok pada khususnya. Usaha memperbaiki infrastruktur dan akses jalan yang baik menuju makam juga terus diusahakan. (FNL)

Makam Buju’ Kambang di Dusun Gundul Desa Soket Laok

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Malam Tahun Baru Ala Anak KKN 54 UTM dan GPS (Gerakan Pemuda Soket Laok)

PERAYAAN HUT RI

CLOSING CEREMONY